Sejarah singkat Anfield Stadium

6-anfield-staidum

Seorang pengusaha anggur bernama John Orrel di tahun 1884 mengubah tanahnya yang tak terpakai di Anfield Road menjadi sebuah lapangan sepak bola untuk digunakan oleh tim lokal, Everton FC. Setelah diungsikan dari tanah terakhirnya karena meningkatnya jumlah penonton, tim ini (bermarkas di Sandon pub) masuk ke dalam lapangan ini. Pertandingan pertama yang pernah dimainkan adalah Everton vs Earlestown, dimainkan dengan kemenangan 5-0 bagi tim tuan rumah.

Perkembangan berikutnya selama tahun 1880’an membawa Anfield menjadi salah satu tempat paling elit di negara ini. Menyadari hal ini, Orrel mulai berencana menebalkan dompetnya dengan menaikan biaya sewa. Everton kemudian dipaksa pindah ke Goodison Park di mana mereka tinggal sampai saat ini, meninggalkan tanah ini kosong dengan tidak ada satu pun tim yang mengisinya.

Di bulan Mei 1892, Liverpool Football Club lahir dan mengambil alih kepemilikan Anfield. Everton meninggalkan kerusakan lapangan saat mereka pergi, berarti ada penundaan beberapa bulan sebelum pertandingan pertama dilakukan, Liverpool vs Higher Walton, dimainkan tanggal 23 September 1892. LFC mendominasi dengan kemenangan 8-0 di depan 200 penonton.

Tribun pertama dibangun tahun 1894. Tidak sampai 1906 hingga tribun legendaris The Kop sekarang dibangun di belakang ujung Walton Breck Road. Tribun itu dibangun (bernama lengkap The Spion Kop) untuk mengenang mereka yang kehilangan nyawanya dalam peperangan Spoenkop Hill dalam the Boer War. Perkembangan baru ini berujung pada renovasi stadion yang mampu memuat hingga 60 ribu penonton, angka yang fantastis bahkan dengan standar zaman sekarang sekali pun.

Lampu stadion pertama dipasang tahun 1957 di Anfield. Bill Shankly tiba di Anfield tahun 1959 dan berencana membuat stadion ini setara dengan standar bangunan yang lebih modern. Tahun 1962 jadi saksi dihancurkannya Kemlyn Road untuk menciptakan ruang bagi tribun baru lengkap dengan atap stadion. Tahun 70 dan 80’an terjadi renovasi besar termasuk pembangunan tribun utama baru, televise dan juga pemanas bawah tanah untuk terus membantu lapangan bisa dimainkan sepanjang tahun sekali pun di musim dingin.